Blog Kumpulan Gambar dan Pengetahuan Tentang Kendaraan Ringan dan Berat

Wednesday, May 7, 2014

Tipe dan jenis motor starter

Tauka kamu ada dua tipe motor starter, tipe apakah itu? motor starter tipe reduksi dan motor starter tipe konvensional. disini saya akan membahas kedua tipe tersebut, semoga bernanfaat bagi kalian semua .
 





Berikut tipe motor starter :

 a. tipe reduksi
motor starter jenis reduksi merupakan motor starter yang putaran armaturenya direduksi atau diturunkan dengan sistem penurun putaran berupa roda gigi.
  Beberapa bentuk motor starter tipe reduksi yang banyak dijumpai diperlihatkan pada gambar dibawah ini.


Bagian-bagian utama dari motor starter ini adalah solenoid, armature, kumparan medan, kopling starter, gigi reduksi, gigi pinion, tuas penggerak, komutator dan rumah starter. Penjelasan tiap komponen motor starter diuraikan sebagai berikut :



Model-Model Motor Starter Tipe Reduksi

2. motor starter tipe konvensional

Cara Kerja Sistem Starter Konvensional

Kerja sistem starter ini dibagi menjadi tiga keadaan, yaitu saat kunci kontak pada posisi start (ST), saat gigi pinion berhubungan dengan gigi pada roda penerus (flywheel), dan saat kunci kontak kembali pada posisi ON atau IG, Berikut akan dijelaskan cara kerja sistem starter pada tiap posisi:
Saat Kunci Kontak Pada Posisi Start (ST) 
Saat Kunci Kontak Pada Posisi Start (ST)

Kerja sistem starter saat kunci kontak pada posisi start (ST) Kunci kontak (ignition switch) yang diputar pada posisi start menyebabkan terjadinya aliran arus kekumparan penarik (pull-in coil) dan kekumparan penahan (hold-in coil) yang secara bersamaan berikut adalah aliran arus kemasing-masing kumparan tersebut.

Tipe dan jenis motor starter Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment