Blog Kumpulan Gambar dan Pengetahuan Tentang Kendaraan Ringan dan Berat

Thursday, May 8, 2014

LANGKA KERJA MESIN 4 TAK

di sini saya akan menerangkan Cara kerja mesin 4 langkah (4 tak) ada empat macam yaitu : langkah hisap, langkah kompresi, langkah pembakaran dan langkah buang.

 

 

 

 

 

 

1. langkah hisap


Langkah hisap. Piston bergerak kebawah (gambar 1), katup hisap terbuka dan katup buang menutup. Campuran udara dan bahan bakar dihisap masuk (melalui katup hisap)

2. Langkah kompresi.



Piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) menuju titik mati atas (TMA) dimana kedua katup menutup. Udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar dimampatkan

3. Langkah pembakaran.


Sesaat sebelum piston mencapai titik mati atas busi memercikan bunga api dan membaka campuran oksigen dan udara. Tekanan meningkat dan mendorong piston kebawah (kedua katup menutup). Daya mekanik inilah yang dimanfaatkan untuk menggerakan mesin.

4. Langkah buang


.
Setelah piston mencapai akhir dari langkah, katup buang membuka piston bergerak keatas mendorong sisa pembakaran keluar menuju knolpot.
Siklus ini terus berulang (piston bergerak keatas dan kebawah). Gerakan piston keatas dan kebawah ini dimanfaatkan dengan cara merubahnya menjadi gerakan memutar dan dihubungkan ke gear box.

LANGKA KERJA MESIN 4 TAK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment